Fungsi Komputer Server


Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klient/server. Contoh dari layanan ini adalah Protokol Konfigurasi Hos Dinamik, server surat, server PTH, server PTB, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari klien. Sebagai contoh, klien PKHD akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan server PKHD; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server PKHD, yaitu protokol PKHD itu sendiri.
Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proksi. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proksi berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.


Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.

Fungsi komputer server dalam jaringan komputer adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan komputer yang berfungsi mengontrol jaringan komputer. Komputer ini dapat mengakses semua komputer dalam jaringan. Tidak seperti komputer lain di jaringan, server adalah komputer khusus yang diatur untuk satu atau lebih tujuan.

Sebagai contoh, pengguna dapat men-setup server untuk otentikasi dan mengizinkan atau melarang user mengakses jaringan, mengirim/menerima file, e-mail, mengelola dan cetak pekerjaan, atau sebagai host sebuah website.

Karena server umumnya melayani kebutuhan 24 jam maka server dalam skala jaringan besar biasanya tidak pernah dimatikan. Oleh karena tugasnya yang berat maka komputer server diciptakan secara khusus. Apakah semua komputer bisa jadi server? Untuk skala besar tidak, tetapi untuk skala kecil misalnya laboratorium sekolah, komputer klien dengan penambahan memori dan processor lebih besar sudah cukup untuk dijadikan server.


  1. Tugas Utama Komputer Server
    Tugas dan fungsi komputer server sangat tergantung pada penggunaan komputer server. Saya akan jelaskan klasifikasi dari server, pada tahap berikutnya.
    1. Toko aplikasi dan database yang dibutuhkan oleh komputer jaringan.
    2. Menyediakan fitur keamanan komputer.
    3. Melindungi semua komputer yang terhubung ke menggunakan firewall.
    4. Menyediakan alamat IP untuk untuk perangkat yang terhubung jaringan. Sebuah alamat IP adalah nomor unik dalam format yang xxx, dimana x berupa nomor 1 sampai 3 digit, yang digunakan untuk mengenal setiap komputer dalam jaringan.
  2. Fitur Server
    Server yang Anda pilih untuk organisasi Anda, harus memenuhi kondisi tertentu. Harus memiliki ukuran memori atau RAM yang cukup besar untuk menampung jumlah query yang dijalankan oleh komputer klien. Misalnya pada lab komputer ada 50 komputer siswa yang member query sekaligus maka server akan sangat sibutk.
    Aspek berikutnya adalah kecepatan prosesor. Kecepatan prosesor biasanya diukur dalam Giga Hertz dan perlu memadai untuk menjalankan semua perintah yang diminta oleh user. Kecepatan prosesor yang optimal sangat mutlak karena diperlukan untuk menyediakan fasilitas multitasking. Kapasitas penyimpanan hard drive dari komputer server, perlu cukup besar untuk dapat menyimpan semua data. Dalam sebuah jaringan, pengguna komputer umumnya menyimpan informasi pada komputer server agar mudah untuk berbagi.
  3. Jenis Server
    Berbagai jenis server komputer dapat dikategorikan dalam dua kategori utama.
    1. Dedicated Server
      Jenis dan fungsi komputer server ini melakukan fungsi tertentu, seperti hosting situs web. Ada berbagai layanan web hosting, yang menggunakan dedicated server untuk situs web hosting. Pada pembayaran sejumlah uang tertentu, Anda dapat meng-upload halaman web Anda pada server komputer mereka. Mereka akan melakukan tugas hosting website Anda. Jenis ini server harus sangat kuat karena mereka harus menangani lalu lintas web yang mencoba untuk mengakses halaman web yang terkandung di dalamnya.
    2. Shared Server
      Sebuah komputer Shared Server adalah server biasa, yang digunakan dalam jaringan, untuk beberapa pengguna. Sejumlah besar aplikasi, database dll yang tersimpan di dalamnya. Pengguna yang berbeda terhubung ke server dan mengakses server tergantung pada kebutuhan mereka. Server ini tidak perlu sama seperti dedicated server. Contoh yang paling umum untuk jenis server ini adalah server aplikasi. Fungsi komputer server aplikasi menyimpan semua informasi yang diperlukan oleh orang-orang di dalam jaringan. Di banyak organisasi, karyawan sering diberikan terminal dummy. Ini berarti bahwa, mereka memiliki keyboard komputer dan monitor komputer, tetapi seluruh proses dan penyimpanan dilakukan pada fungsi komputer server. Komputer klien tidak memiliki hard disk individu, sebaliknya mereka menyimpan data pada hard disk server komputer.

0 komentar:

Poskan Komentar